Minggu, 24 Mei 2015

Penyebab Lain Sering Merasa Lelah

Sering kali ditemui orang yang merasa lelah setelah selesai bekerja seharian. Jumlah jam tidur yang kurang, adanya rapat di kantor, laporan pekerjaan bertumpuk-tumpuk yang harus diselesaikan pada hari itu, kemacetan lalu lintas yang luar biasa, kesemuanya bisa membuat tubuh merasa cepat lelah. Tapi selain problem kesehatan yang dialami sehari-hari tersebut terdapat beberapa penyebab lain sering merasa lelah.


Alasan yang paling ditemukan ketika sedang lelah adalah karena beberapa kebiasaan kita sehari-hari seperti makanan yang dikonsumsi, kurang jam tidur, jarang olah raga. Contoh lainnnya sering mengonsumsi makanan manis hanya akan membuat anda merasa lebih cepat lelah karena kadar glukosa dalam darah yang berfluktuasi relatif cepat.

Oleh sebab itu lakukan diet sehat seimbang. Kebanyakan orang merasa tidak terlalu lelah jika mereka mengkonsumsi menu diet sehat dan seimbang.

Jumlah jam tidur yang belum terpenuhi sebaiknya tidak diperparah dengan konsumsi kopi yang mengandung kafein dan minuman beralkohol sebelum Anda tidur. Dan jika jadwal olah raga tidak teratur maka sudah saatnya bagi Anda untuk rutin berolah raga karena aktivitas olahraga membuat tubuh kita sehat dan bugar.

Sebenarnya olah raga tidak membuat menjadi lelah, malah justru menambah energi. Penelitian membuktikan bahwa orang yang kembali berolah raga justru rasa lelahnya berkurang dibandingkan dengan orang yang hanya duduk diam saja.

Tidak mudah untuk menetapkan masalah rasa lelah atau respon tubuh yang kekurangan energi. Jika cara mengatasi rasa lelah diatas tidak membuat rasa lelah Anda menjadi berkurang maka ada beberapa hal lain yang mesti Anda waspadai.

Masalah dengan kelenjar tiroid
Jika rasa lelah yang dialami seseorang lebih mengarah pada letih lemah dan lesu, bisa jadi kelenjar tiroid Anda sedang bermasalah. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau tidak aktif pun akan mempengaruhi tingkat energi dalam tubuh Anda.

Melakukan tes darah akan membantu Anda mengetahui apakah kelenjar tiroid Anda bermasalah ataukah tidak. Jika masalahnya terletak pada kelenjar tiroid maka dokter yang akan dapat segera memberikan penanganannya.

Anemia
Anemia menjadi penyebab utama dari kelelahan dan untuk mengetahui apakah kita anemia atau tida maka caranya sangat mudah yaitu melalui pemeriksaan tes darah sederhana. Cara mengatasi anemia yaitu Anda mesti melakukan diet kaya besi, konsumsi daging serta sayur daun hijau. Dokter biasanya akan memberikan suplemen jika pasien mengalami defisiensi besi kronis.

Mengalami sleep apnea
Merasa lelah dan sering mengantuk di siang hari bisa jadi karena masalah gangguan pada tidur. Jika Anda sering mendengkur maka sebnaiknya melakukan tes tidur untuk mengetahui kemungkinan sleep apnea. Sleep apnea adalah henti napas yang terjadi saat tidur. Penyakit sleep apnea dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh bila Anda tidak benar-benar memperhatikannya. Dokter dapat merekomendasikan penggunaan C-PAP agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak. C-PAP atau continuous positive airway pressure adalah alat yang dipakai untuk membantu pasien penderita gangguan tidur dengan sleep apnea obstruktif (OSA) sehingga bisa bernapas secara normal selama tidur.

Gangguan jantung
Jika Anda mengalami rasa lelah yang dibarengi dengan sesak napas maka hal ini perlu Anda waspadai. Salah satu penyebab kemungkinannya bisa jadi karena ada gangguan masalah jantung seperti kardiomiopati. Penyakit Kardiomiopati menyebabkan pertumbuhan berlebih dari otot jantung.

Cara penanganan pasien Kardiopiopati bisa dilakukan dari perubahan pola diet hingga operasi untuk mengangkat jaringan atau menanam alat pacu jantung.

Depresi
Rasa lelah yang dibarengi dengan kesedihan, tangisan, ataupun kehilangan nafsu makan, dan merasa tidak bisa menemukan kesenangan dari hal-hal yang biasanya digemari, maka bisa jadi Anda sedang memiliki kemungkinan mengalami depresi. Masalah ini jangan dibiarkan. Segera cari bantuan dari dokter atau terapis untuk mengembalian perasaan Anda menjadi lebih baik.

Sekian artikel kesehatan tentang penyebab lain sering merasa lelah