Kamis, 28 Mei 2015

Dampak Negatif Kelebihan Gula Bagi Kesehatan

Rasanya yang manis membuat gula menjadi pelengkap makanan dan minuman yang membutuhkan cita rasa manis. Konsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kini pertanyaan yang mengemuka adalah apa saja dampak negatif kelebihan gula bagi kesehatan?

Asupan harian yang disarankan gula tidak lebih dari enam sendok teh untuk wanita dan sembilan sendok teh untuk pria. Kebanyakan dari kita mengkonsumsi terlalu banyak gula tanpa menyadarinya. Hal ini juga tersembunyi dalam makanan olahan. Sebuah kaleng tunggal minuman dingin memiliki tujuh sendok teh gula. Satu porsi besar minuman dingin dapat memiliki sebanyak 44 sendok teh.

Berbagai makanan seperti cokelat, kue-kue, permen, makanan cepat saji, sereal sarapan, es krim, jus buah kaleng, sup, minuman beralkohol dan makanan penutup memiliki jumlah yang sangat tinggi dari gula. Gula memiliki kalori tapi tidak ada vitamin atau mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Dampak Negatif Kelebihan Gula Bagi Kesehatan
  • Gula berlebihan terakumulasi dalam tubuh kita, menyebabkan kondisi kesehatan seperti obesitas, kerusakan gigi, diabetes dan sistem kekebalan tubuh terganggu.
  • Gula juga bisa mengakibatkan penyakit yang berhubungan dengan metabolisme seperti kadar kolesterol tinggi, resistensi insulin dan tekanan darah meningkat.
  • Orang-orang dengan kecanduan gula yang parah dapat memilih untuk pengganti gula sebagai alternatif yang aman. Ini menawarkan rasa yang sama seperti gula, tetapi dengan hampir nol kalori.
  • Pengganti gula yang ideal bagi mereka yang menderita diabetes, obesitas dan kondisi kesehatan lainnya. Orang yang mengkonsumsi pengganti gula dapat secara signifikan mengurangi asupan kalori mereka tanpa merasa lapar. Stevia, aspartam, dan sucralose tiga pengganti gula di seluruh dunia populer yang sekarang tersedia di India juga.
  • Hal ini penting untuk mengurangi konsumsi sehari-hari gula jika kita harus tetap sehat dan menghindari gangguan medis yang serius seperti yang kita tumbuh tua. Pengganti gula adalah cara manis tapi aman untuk memenuhi gigi manis tanpa mengorbankan kesehatan.

Baca artikel kesehatan lain :
Sekian artikel kesehatan tentang dampak negatif kelebihan gula bagi kesehatan.

Minggu, 24 Mei 2015

Tips sederhana untuk Mata Sehat

Mata Anda adalah bagian penting dari kesehatan Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan pastikan Anda melihat yang terbaik. Ikuti langkah-langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata baik ke tahun emas Anda.

Memiliki pemeriksaan mata melebar komprehensif. Anda mungkin berpikir visi Anda baik-baik saja atau yang mata Anda sehat, tetapi mengunjungi profesional perawatan mata Anda untuk pemeriksaan mata melebar komprehensif adalah satu-satunya cara untuk benar-benar memastikan. Ketika datang ke masalah visi bersama, beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka bisa melihat lebih baik dengan kacamata atau lensa kontak. Selain itu, banyak penyakit mata umum seperti glaukoma, penyakit mata diabetes dan degenerasi makula terkait usia sering tidak memiliki tanda-tanda peringatan. Sebuah pemeriksaan mata melebar adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi penyakit ini pada tahap awal mereka.

Selama pemeriksaan mata melebar komprehensif, tempat profesional perawatan mata Anda turun di mata Anda membesar, atau melebar, murid untuk memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke mata dengan cara yang sama pintu terbuka memungkinkan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan gelap. Hal ini memungkinkan profesional perawatan mata Anda untuk mendapatkan tampilan yang baik di belakang mata dan memeriksa mereka untuk tanda-tanda kerusakan atau penyakit. Anda profesional perawatan mata adalah satu-satunya yang dapat menentukan apakah mata Anda sehat dan jika Anda melihat yang terbaik.

Tahu sejarah mata kesehatan keluarga Anda. Berbicara dengan anggota keluarga Anda tentang riwayat kesehatan mata mereka. Sangat penting untuk mengetahui apakah ada telah didiagnosis dengan penyakit atau kondisi karena banyak yang turun-temurun. Ini akan membantu untuk menentukan apakah Anda berada pada risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit mata atau kondisi.

Makan yang benar untuk melindungi mata Anda. Anda pernah mendengar wortel yang baik untuk mata Anda. Tapi makan diet kaya buah-buahan dan sayuran, terutama sayuran hijau gelap seperti bayam, kale, collard hijau atau penting untuk menjaga mata Anda sehat, too.i Penelitian juga menunjukkan ada manfaat kesehatan mata dari makan ikan tinggi omega 3 asam lemak, seperti salmon, tuna, dan halibut.

Menjaga berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, seperti penyakit mata diabetes atau glaukoma. Jika Anda mengalami kesulitan menjaga berat badan yang sehat, berbicara dengan dokter Anda.

Pakailah kacamata pelindung. Kenakan kacamata pelindung saat bermain olahraga atau melakukan kegiatan di sekitar rumah. Pelindung kacamata termasuk kacamata keselamatan dan kacamata, perisai keselamatan, dan penjaga mata dirancang khusus untuk memberikan perlindungan yang benar untuk kegiatan tertentu. Kebanyakan lensa kacamata pelindung terbuat dari polikarbonat, yang merupakan 10 kali lebih kuat dari plastik lainnya. Banyak penyedia perawatan mata menjual kacamata pelindung, seperti halnya beberapa toko barang olahraga.

Sunglasses adalah aksesori fashion yang besar, tetapi pekerjaan mereka yang paling penting adalah untuk melindungi kesehatan mata Anda dari sinar ultraviolet matahari. Ketika membeli kacamata hitam, mencari orang yang memblokir 99-100 persen dari kedua UV-A dan radiasi UV-B.

Berikan mata Anda istirahat. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau fokus pada satu hal, Anda kadang-kadang lupa untuk berkedip dan mata Anda bisa mendapatkan lelah. Cobalah aturan 20-20-20: Setiap 20 menit, berpaling sekitar 20 kaki di depan Anda selama 20 detik. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata.

Bersihkan tangan Anda dan lensesproperly kontak Anda. Untuk menghindari risiko infeksi, selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum meletakkan di atau mengambil lensa kontak Anda. Pastikan untuk mensterilkan lensa kontak seperti yang diperintahkan dan menggantinya sesuai.

Praktek keselamatan kerja mata. Pengusaha diminta untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman. Ketika kacamata pelindung diperlukan sebagai bagian dari pekerjaan Anda, membuat kebiasaan mengenakan jenis yang sesuai setiap saat dan mendorong rekan kerja Anda untuk melakukan hal yang sama.

Penyebab Lain Sering Merasa Lelah

Sering kali ditemui orang yang merasa lelah setelah selesai bekerja seharian. Jumlah jam tidur yang kurang, adanya rapat di kantor, laporan pekerjaan bertumpuk-tumpuk yang harus diselesaikan pada hari itu, kemacetan lalu lintas yang luar biasa, kesemuanya bisa membuat tubuh merasa cepat lelah. Tapi selain problem kesehatan yang dialami sehari-hari tersebut terdapat beberapa penyebab lain sering merasa lelah.

Alasan yang paling ditemukan ketika sedang lelah adalah karena beberapa kebiasaan kita sehari-hari seperti makanan yang dikonsumsi, kurang jam tidur, jarang olah raga. Contoh lainnnya sering mengonsumsi makanan manis hanya akan membuat anda merasa lebih cepat lelah karena kadar glukosa dalam darah yang berfluktuasi relatif cepat.

Oleh sebab itu lakukan diet sehat seimbang. Kebanyakan orang merasa tidak terlalu lelah jika mereka mengkonsumsi menu diet sehat dan seimbang.

Jumlah jam tidur yang belum terpenuhi sebaiknya tidak diperparah dengan konsumsi kopi yang mengandung kafein dan minuman beralkohol sebelum Anda tidur. Dan jika jadwal olah raga tidak teratur maka sudah saatnya bagi Anda untuk rutin berolah raga karena aktivitas olahraga membuat tubuh kita sehat dan bugar.

Sebenarnya olah raga tidak membuat menjadi lelah, malah justru menambah energi. Penelitian membuktikan bahwa orang yang kembali berolah raga justru rasa lelahnya berkurang dibandingkan dengan orang yang hanya duduk diam saja.

Tidak mudah untuk menetapkan masalah rasa lelah atau respon tubuh yang kekurangan energi. Jika cara mengatasi rasa lelah diatas tidak membuat rasa lelah Anda menjadi berkurang maka ada beberapa hal lain yang mesti Anda waspadai.

Masalah dengan kelenjar tiroid
Jika rasa lelah yang dialami seseorang lebih mengarah pada letih lemah dan lesu, bisa jadi kelenjar tiroid Anda sedang bermasalah. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau tidak aktif pun akan mempengaruhi tingkat energi dalam tubuh Anda.

Melakukan tes darah akan membantu Anda mengetahui apakah kelenjar tiroid Anda bermasalah ataukah tidak. Jika masalahnya terletak pada kelenjar tiroid maka dokter yang akan dapat segera memberikan penanganannya.

Anemia
Anemia menjadi penyebab utama dari kelelahan dan untuk mengetahui apakah kita anemia atau tida maka caranya sangat mudah yaitu melalui pemeriksaan tes darah sederhana. Cara mengatasi anemia yaitu Anda mesti melakukan diet kaya besi, konsumsi daging serta sayur daun hijau. Dokter biasanya akan memberikan suplemen jika pasien mengalami defisiensi besi kronis.

Mengalami sleep apnea
Merasa lelah dan sering mengantuk di siang hari bisa jadi karena masalah gangguan pada tidur. Jika Anda sering mendengkur maka sebnaiknya melakukan tes tidur untuk mengetahui kemungkinan sleep apnea. Sleep apnea adalah henti napas yang terjadi saat tidur. Penyakit sleep apnea dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh bila Anda tidak benar-benar memperhatikannya. Dokter dapat merekomendasikan penggunaan C-PAP agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak. C-PAP atau continuous positive airway pressure adalah alat yang dipakai untuk membantu pasien penderita gangguan tidur dengan sleep apnea obstruktif (OSA) sehingga bisa bernapas secara normal selama tidur.

Gangguan jantung
Jika Anda mengalami rasa lelah yang dibarengi dengan sesak napas maka hal ini perlu Anda waspadai. Salah satu penyebab kemungkinannya bisa jadi karena ada gangguan masalah jantung seperti kardiomiopati. Penyakit Kardiomiopati menyebabkan pertumbuhan berlebih dari otot jantung.

Cara penanganan pasien Kardiopiopati bisa dilakukan dari perubahan pola diet hingga operasi untuk mengangkat jaringan atau menanam alat pacu jantung.

Depresi
Rasa lelah yang dibarengi dengan kesedihan, tangisan, ataupun kehilangan nafsu makan, dan merasa tidak bisa menemukan kesenangan dari hal-hal yang biasanya digemari, maka bisa jadi Anda sedang memiliki kemungkinan mengalami depresi. Masalah ini jangan dibiarkan. Segera cari bantuan dari dokter atau terapis untuk mengembalian perasaan Anda menjadi lebih baik.

Sekian artikel kesehatan tentang penyebab lain sering merasa lelah