Kamis, 28 Mei 2015

Dampak Negatif Kelebihan Gula Bagi Kesehatan

Rasanya yang manis membuat gula menjadi pelengkap makanan dan minuman yang membutuhkan cita rasa manis. Konsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kini pertanyaan yang mengemuka adalah apa saja dampak negatif kelebihan gula bagi kesehatan?



Asupan harian yang disarankan gula tidak lebih dari enam sendok teh untuk wanita dan sembilan sendok teh untuk pria. Kebanyakan dari kita mengkonsumsi terlalu banyak gula tanpa menyadarinya. Hal ini juga tersembunyi dalam makanan olahan. Sebuah kaleng tunggal minuman dingin memiliki tujuh sendok teh gula. Satu porsi besar minuman dingin dapat memiliki sebanyak 44 sendok teh.

Berbagai makanan seperti cokelat, kue-kue, permen, makanan cepat saji, sereal sarapan, es krim, jus buah kaleng, sup, minuman beralkohol dan makanan penutup memiliki jumlah yang sangat tinggi dari gula. Gula memiliki kalori tapi tidak ada vitamin atau mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Dampak Negatif Kelebihan Gula Bagi Kesehatan
  • Gula berlebihan terakumulasi dalam tubuh kita, menyebabkan kondisi kesehatan seperti obesitas, kerusakan gigi, diabetes dan sistem kekebalan tubuh terganggu.
  • Gula juga bisa mengakibatkan penyakit yang berhubungan dengan metabolisme seperti kadar kolesterol tinggi, resistensi insulin dan tekanan darah meningkat.
  • Orang-orang dengan kecanduan gula yang parah dapat memilih untuk pengganti gula sebagai alternatif yang aman. Ini menawarkan rasa yang sama seperti gula, tetapi dengan hampir nol kalori.
  • Pengganti gula yang ideal bagi mereka yang menderita diabetes, obesitas dan kondisi kesehatan lainnya. Orang yang mengkonsumsi pengganti gula dapat secara signifikan mengurangi asupan kalori mereka tanpa merasa lapar. Stevia, aspartam, dan sucralose tiga pengganti gula di seluruh dunia populer yang sekarang tersedia di India juga.
  • Hal ini penting untuk mengurangi konsumsi sehari-hari gula jika kita harus tetap sehat dan menghindari gangguan medis yang serius seperti yang kita tumbuh tua. Pengganti gula adalah cara manis tapi aman untuk memenuhi gigi manis tanpa mengorbankan kesehatan.

Baca artikel kesehatan lain :
Sekian artikel kesehatan tentang dampak negatif kelebihan gula bagi kesehatan.